oleh

Masyarakat Antusias atas Layanan Bantuan Hukum Gratis

Ternate – Hasil survei kepuasan layanan bantuan hukum gratis yang diterima masyarakat kurang mampu, menunjukan bahwa mayoritas menyatakan layanan bantuan hukum gratis berkategori baik dan telah sesuai dengan advokasi/mediasi hukum yang diterima baik litigasi maupun non-litigasi.

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum (Kemenkum) Maluku Utara (Malut), Budi Argap Situngkir mengatakan bahwa survei dilakukan oleh Tim Panitia Pengawas Daerah (Panwasda) Kemenkum Malut kepada masyarakat melalui indikator pendampingan hukum, keramahan petugas, serta aksesibilitas layanan.

Baca Juga  Akhiri di Tanah Papua Dan Memulai di Tanah Papua Penuh Haru Satgas Yonif 642/Kps Hadiri Pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Papua Barat Yonif 407/PK

Survei kepuasan masyarakat sebagai rangkaian monitoring dan evaluasi (monev) pelayanan bantuan hukum gratis dari 4 (empat) Pemberi Bantuan Hukum (PBH) di Malut, yakni Kantor Yayasan Yustisia Malut, Yayasan Bantuan Hukum Sipakale, dan Yayasan Bantuan Hukum Juvis Malut.

“Monitoring kepada PBH dan pelaksanaan survei kepuasan layanan bantuan hukum gratis merupakan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. Untuk itu, kami berharap PBH di Malut dapat memberikan layanan terbaik sehingga masyarakat dapat memperoleh hak pendampingan hukum atas perkara yang dihadapi,” ujar Argap Situngkir, Jumat (29/8).

Baca Juga  Rumah Janda Anak Tiga Ambruk

Senada, Kepala Divisi Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Hukum, Zulfahmi mengatakan bahwa survei kualitas layanan menilai kualitas prosedural, kualitas informasi, dan kualitas interpersonal.

“Tim Panwasda juga melakukan wawancara langsung dengan masyarakat penerima bantuan hukum, baik secara tatap muka maupun melalui video call bagi mereka yang berdomisili di luar Kota Ternate, guna memastikan tidak adanya pungutan biaya dalam pelayanan bantuan hukum,” ujar Zulfahmi.

Baca Juga  Letkol Inf Agus Praminto Hadiri Panen Raya Padi dan Peluncuran Program Pembajakan serta Penanaman Padi oleh Gapoktan Ratu Tani dan PT. Bulog Cabang Serang

Menurutnya, hasil monev menemukan beberapa kendala seperti keterbatasan anggaran yang berdampak pada jangkauan layanan di daerah terpencil serta kebutuhan peningkatan kapasitas paralegal dalam pendampingan.

News Feed