Ternate – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum (Kemenkum) Maluku Utara (Malut), Budi Argap Situngkir menghadiri penutupan Rapat Koordinasi dan Refleksi Akhir Tahun 2025 bertempat di Ballroom Hotel Mercure Jakarta, Selasa (16/12).
Menteri Hukum, Supratman Andi Agtas, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kemenkum, termasuk para Kepala Kantor Wilayah, atas capaian program dan kinerja selama tahun 2025.
“Saya mengapresiasi jajaran Kementerian Hukum. Kinerja di tahun 2025 merupakan persembahan yang mencerminkan komitmen serta dedikasi jajaran Kemenkum untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ini adalah persembahan super time dan menjadi pijakan kita untuk menatap 2026 dengan optimisme,” ujar Menkum.
Lebih lanjut, Menkum, secara resmi meresmikan Soft Launching SuperApps Kementerian Hukum, sebuah aplikasi terpadu yang menggabungkan berbagai layanan dan sistem informasi dalam satu platform digital untuk memudahkan akses layanan hukum oleh masyarakat.
“Peluncuran SuperApps Kementerian Hukum merupakan sebuah perjalanan revolusioner dalam sejarah birokrasi kita. Ini adalah proses yang memastikan seluruh pelayanan Kementerian Hukum dapat diakses dengan lebih mudah. Melalui aplikasi ini, seluruh layanan digabungkan sehingga efisiensinya terintegrasi dalam satu platform,” tambahnya.
Penutupan kegiatan ditandai dengan penyerahan sertifikat capaian prestasi, baik internal maupun eksternal, sebagai apresiasi atas program yang berdampak bagi masyarakat.
Sementara itu, Kakanwil Kemenkum Maluku Utara, Budi Argap Situngkir, didampingi Kadiv Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Hukum, Zulfahmi, Plt Kadiv Pelayanan Hukum, Muh. Kasim Umasangadji, dan Plt Kabag Tata Usaha dan Umum, Irwan Kadir menyatakan komitmen dan kesiapannya untuk menindaklanjuti arahan Menteri Hukum.
“Transformasi digital merupakan inovasi yang memberikan kemudahan layanan publik yang terintegrasi. Kami siap mendukung setiap kebijakan dan program strategis Kementerian Hukum, termasuk transformasi layanan berbasis digital, demi memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ujar Argap.
Lebih lanjut, Argap menegaskan kesiapan jajaran Kemenkum Malut dalam mengimplementasikan program prioritas tahun 2026, terutama dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di wilayah Maluku Utara.
“Tranformasi digital yang diikuti rencana aksi perjanjian kinerja merupakan bentuk kesiapan Kanwil Kemenkum Malut beserta seluruh jajaran untuk meningkatkan pelayanan publik, termasuk melalui layanan berbasis digital yang telah diresmikan dalam Soft Launching SuperApps Kementerian Hukum, sehingga dapat diakses dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” pungkas Argap.











